Cara Menggunakan Dropbox Permintaan File

Rabu, 16 November 2016

Ada yang belum tau dropbox? Oke sedikit saya singgung tentang dropbox terlebih dahulu disini, karena kali ini kita akan  bahas tentang salah satu fitur terbaru dari dropbox. Dropbox sendiri adalah media penyimpanan online. Melalui dropbox orang orang kini tak perlu lagi repot membawa flash disk kemana-mana, cukup punya akun dropbox dan punya koneksi internet, maka orang sudah membawa file-file nya bersama dia, lebih-lebih file-file tersebut dapat diakses dari berbagai media seperti ponsel kita, tablet atau lewat website melalui aplikasi online nya.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu fitur terbaru dari dropbox, yaitu fitur permintaan file. Fitur ini menurut saya sangat bermanfaat. Melalui fitur ini kita semakin dipermudah untuk mengumpulkan file.  Dulu kalo kita ingin tim atau kelompok kita mengirimkan file pekerjaan misalnya, file tersebut harus dikirim lewat email, lalu kita sebagai pihak yang meminta file harus membuka satu ler satu email-email tersebut kemudian memdownload file tersebut pada masing-masing email pengirim. Melalui fitur ini semua file yang kita minta akan terkumpul pada satu folder, kita tinggal lihat dan memeriksa satu per satu, jauh lebih efisien bukan? Bahkan kita juga dapat melakukan permintaan file pada orang yang tidak memiliki akun dropbox. Sangat Fleksibel bukan?

Fitur ini cocok digunakan untuk para mentor, para guru, dosen atau para pimpinan tim. Mengapa? Dari penjelasan di atas, bukankah para guru, mentor dan pimpinan tim lebih mudah untuk mengorganisir file dari sebuah tim atau kelas.

Nah bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut adalah langkah demi langkahnya :

1. Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun dropbox anda. Kemudian pada halaman home dropbox anda, pilih menu permintaan file di barisan menu sebelah kanan.

2. Pada halaman permintaan file, terdapat dua tab menu, yaitu "Buka" dan "Nonaktif". Tab menu nonaktif berisi folder permintaan file kita yang telah selesai masa berlakunya. Ok, sekarang pada tab Buka, klik Minta File 



3. Kemudian akan tampil pop-up buat permintan file. Beri keterangan tentang apa yang anda minta, keterangan ini akan dibaca oleh target orang yang anda inginkan mengirim file. Lalu pilih folder tempat untuk menyimpan file-file yang nanti akan diterima. Jika sudah klik tombol Berikutnya


 4. Setelah itu akan muncul pop-up window yang berisi tautan permintaan file. Tautan ini yang nantinya akan anda bagikan ke target orang yang anda inginkan untuk mengirim file. Anda dapat menyalin tautan tersebut untuk kemudian anda tempelkan pada halaman blog anda, atau pada media sosial yang anda punya, atau bisa juga melalui perangkat lunak perpesanan yang anda pakai, misalnya bbm, whatsapp dan lain sebagainya.
Anda juga bisa mengirim tautan tadi ke alamat surel seseorang, misalnya ketua kelas, pemimpin regu atau anggota kelompok yang lain.


Anda hanya tinggal menunggu folder permintaan file anda terpenuhi oleh file-file yang anda minta. Akan lebih mudah bagi anda jika anda juga memasang atau menginstall dropbox client pada komputer anda dan melakukan sinkronisasi dengan akun dropbox anda, sehingga file-file tadi secara otomatis akan terunduh ke komputer anda. Tentang bagaimana memasang dropbox client ke komputer kita akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Salam :)

1 komentar:

 
Ngobrol IT © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions